Depzkwan's Blog

My Life's Passion

Membaca Bersama IDN Times

on February 19, 2018

Tubuhmu begitu halus. Goretan di seluruh tubuhmu begitu indah. Ada yang panjang, ada pula yang pendek. Sekali kusentuh bagian atasmu, kupenasaran untuk menyentuh bagian selanjutnya. Sekali kupandang permukaan luarmu, kupenasaran untuk mengubek-ubek isi dalamnya.

Bagian itulah yang kusukai dari situs IDN Times. Dari berbagai kategori yang disuguhkan, mataku sangat tertarik yang berhubungan dengan buku dan kepenulisan. Ya, dalam kategori Fiction, kontributor IDN Times menggelontorkan segala yang berhubungan dengan cerpen, puisi, buku, maupun cara menulis. Untung air liur ini tidak menetes.

Mungkin sudah ada beberapa buku yang diketahui tapi sisanya belum. Mungkin sudah ada beberapa penulis yang diketahui tapi sisanya belum. Tidak ketinggalan pula tulisan yang mengulas buku nasional atau internasional, begitu juga penulis nasional ataupun internasional.

Ada yang sudah tahu beberapa novel thriller terbaik tahun 2017? Dari beberapa yang disajikan, salah satu kontributor IDN Times menyebutkan judul The Book of Mirrors, atau diterjemahkan menjadi Cermin Muslihat. Dari ulasannya yang hanya empat baris, mataku tertarik pada kata ‘otak’. Pembunuhan dengan memanipulasi otak? Gimana ya seremnya? Seperti di penjara-penjara yang brutal saat menginvestigasi para terdakwakah?

 

 

 

 

Bagaimana dengan novel kriminal? Dari tiga buku yang dihidangkan dan salah satunya adalah penulis terkenal, namun hatiku menjatuhkan pilihan pada buku yang berjudul Deadly Little Secrets. Sepertinya jarang sekali aku menemukan genre kriminal di mana tokohnya adalah anak SMA. Berpikir seperti detektif Conan atau detektif Kindaichi? Sewaktu saya mencari lebih jauh lagi, buku yang dipublikasikan tahun 2012 ini sepertinya lebih berhubungan dengan polisi. Sementara itu, di pilihan judul buku lainnya ada premis yang mirip dengan film Hangout-nya Raditya Dika.

 

 

 

 

Wow, ada juga yang mengulas beberapa buku yang mengandung teori konspirasi. Dari sepuluh judul buku yang disebutkan, mungkin memang yang bertema Iluminati tidak lekang oleh waktu. Semenjak novel Dan Brown yang berjudul Da Vinci Code mewabah dengan teori iluminatinya, novel The Illuminatus! Trilogy yang terbit pada tahun 1975 menyuguhkannya dengan cara berbeda. Ada kata ‘humor’ yang diselipkan pada ulasan ini. Sehumor apa ya isinya?

 

 

 

Setelah yang tegang-tegang, mari menarik napas dahulu. Kita sampai pada novel terjemahan yang akan terbit di tahun 2018. Kontributor ini menuliskannya dalam dua artikel, yang berarti menyuguhkan dua belas judul. Semuanya sangat menarik. Kalau boleh, aku memilih dua di antaranya.

 

Karena mungkin bermarga sama denganku, aku cukup tertarik dengan novel Rich People Problems yang ditulis oleh Kevin Kwan. Bagaimana sih kehidupan orang-orang kaya di China? Ternyata novel ini lanjutan dari dua seri sebelumnya, dan dari novel pertamanya Crazy Rich Asians akan ditayangkan di bioskop.

 

Satu lagi adalah lanjutan dari tujuh novel seri sebelumnya. Sudah bisa menebak dong kalau membaca atau mendengar ‘tujuh novel berseri’? Ya, apa lagi kalau bukan Harry Potter yang ditulis oleh J.K Rowling? Kali ini bukunya berjudul Harry Potter and The Cursed Child mengisahkan Harry yang sudah berumur empat puluh tahun. Kebayang enggak sih kelanjutan bagaimana dengan anaknya? Apakah seperti judulnya yang ‘terkutuk’ itu?

 

Dalam situasi Indonesia yang memanas mengenai perbedaan, disarankan untuk membaca buku-buku dalam menghargai perbedaan. Kontributor memilihkan tujuh judul buku yang keseluruhannya adalah karya anak bangsa. Ada yang menceritakan perbedaan suku, bangsa, agama, maupun pendidikan.

Salah satu yang menarik perhatian ada novel Salah Asuhan. Bagi yang pernah mempelajari buku-buku dan penulis zaman dahulu, pasti tidak asing lagi dengan judul buku ini yang ditulis oleh Abdul Moeis serta penerbitnya, yakni Balai Pustaka. Bahkan nama penulisnya pun masih dengan ejaan lama. Coba tebak tahun terbit pertama kalinya! Apakah tahun 1928 pembaca sudah ada yang lahir? Novel ini menceritakan penikahan beda bangsa yang tidak disetujui.

 

 

 

 

 

Novel selanjutnya mengenai perbedaan adalah Burung-Burung Rantau karya Y.B Mangunwijaya. Bagaimana kalau dalam sebuah keluarga terdiri dari beberapa bangsa? Bahkan anak sulung di sini diceritakan sudah lama tinggal di Amerika, sehingga kebiasa-kebiasaan ala Amerika pun masih melekat. Bagaimana ya seorang ayah yang merupakan Letnan Jenderal di Indonesia ini bisa memahami keluarga yang berbeda-beda itu?

 

 

 

Ada buku, tentu saja ada penulisnya dong. Siapa saja ya yang akan merilis buku di tahun 2018 ini? Salah satu kontributor menuliskan beberapa penulis nasional dan internasional lho.
Dimulai dari penulis nasional yuk!

Siapa tak kenal Dee Lestari atau dikenal dengan sebutan Ibu Suri? Sudah sejak tahun lalu (2017), ia sudah membocorkan draft novel terbaru di media sosial miliknya. Draft tersebut bahkan sudah memperlihatkan judulnya, yakni Aroma Karsa. Dee mengajak pembaca berkeliling dunia dan merangsang indera penciuman. Hmm… gimana ya hasilnya?

Penulis selanjutnya adalah yang identik dengan Dilan. Siapa lagi kalau bukan Pidi Baiq atau dipanggil Surayah. Apakah Dilan ada novel serial selanjutnya selain Milea? Atau apakah novel selanjutnya akan terbit sesuai bocoran di kultwitnya mengenai Cika? Siapa Cika itu? Mungkin Pidi Baiq memang senang membuat kita penasaran.

Selain itu, ada juga Maudy Ayunda yang akan menelurkan buku keduanya berjudul A Forest of Fables berisi kumpulan dongeng, bekerja sama dengan Penerbit Bentang.
Ada juga Okky Madasari dengan judul novelnya Mata di Tanah Melus.

Ada penulis internasional yang akan merilis dua novel sekaligus di tahun 2018. Wow! Siapakah dia? George R.R. Martin mengisyaratkan akan menerbitkan dua buku Game of Thrones lho. Bagaimana ya kelanjutan isi bukunya?

Kemudian ada pula Victoria Aveyard yang merilis buku ke empat berjudul War Storm yang merupakan serial dari Red Queen. Buku ini bahkan mendapat gelar “#1 New York Times bestselling”.

 

Untuk menutup artikel ini, saya akan menyisipkan sedikit ulasan mengenai salah satu cerpen yang berjudul Keluarga Pendiam. Judulnya sederhana banget tapi cukup menarik perhatianku. Melihat dari kata ‘pendiam’, kukira terjadi karena faktor internal. Atau memang ada sisi introver. Ternyata, di luar dugaan, hal ini terjadi karena isu yang sedang terjadi. Entah aku salah atau tidak dalam hal menanggapi cerpen ini, aku merasa cerpen ini menyindir suatu isu dengan cara yang sangat halus. Mungkin ‘Silent is Gold’ pantas disandang untuk inti dari cerpen ini.

 

Begitulah sekelumit hal yang kusuka dari IDN Times.

Mau banyak pengetahuan? Baca IDN Times saja…


Leave a comment