Depzkwan's Blog

My Life's Passion

Mau Referensi Film Bertema Kedokteran ala Korea?

on January 25, 2016

Mau Referensi Film Bertema Kedokteran ala Korea?

Bagi yang suka nonton film bertema medik, mungkin beberapa film Korea ini bisa menjadi salah satu referensi. Namun, yang namanya film, pastinya ada drama di sana-sini:

1. Emergency Couple
Dari judulnya bisa dilihat ini drama yang menonjolkan sisi romance. “Couple” menjadi perwakilan isi ceritanya. Sepasang yang sudah bercerai tidak sengaja bertemu di sebuah rumah sakit beberapa tahun setelah berpisah dan mereka bertemu sama-sama sebagai seorang dokter. Banyak istilah kedokteran yang bermunculan di sini dan penjelasannya selalu tertera di atas subtitle yang ada sewaktu sedang dibahas. Kadang kalau mau bener-bener tau istilahnya harus dipause dulu. hehe…

Dari semua serial yang saya tonton, Cuma serial ini yang ada penjelasan istilah kedokterannya.

2. Good Doctor
Seorang anak autis yang mempunyai kemampuan memori mencengangkan bisa menjadi dokter di serial ini. Konflik terjadi dalam tubuh si anak ini dan dengan pihak luar tim dokternya. Tim dokternya malah sangat mendukung dia dan kadang-kadang tak habis pikir dengan perilaku lucu yang dibuatnya.

Cerita romance cukup menghibur dalam cerita ini.

3. Medical Top Team

Konflik ditekankan pada tubuh rumah sakit yang saling berebut posisi. Politik dalam merebut posisi sebuah jabatan.

Namun, saya merasa masih banyak plot hole.

Sang aktor utama diceritakan mengelola rumah sakit di pedalaman yang membutuhkan dana. Oleh karena itu ia menerima tawaran menjadi tim dokter di sebuah rumah sakit mewah di kota sebagai salah satu cara untuk mendanai kembali rumah sakit di pedalaman yang telah ditutup. Tapi, di akhir cerita tidak diceritakan lagi bagaimana hubungan dia dengan orang-orang di rumah sakit yang dikelolanya.

Kemudian, hubungan asmara yang ‘ceritanya’ dibangun oleh aktor utama di sini tidak begitu terlihat. Di mata saya, ia hanya seperti cowo yang lagi iseng pdkt tapi tidak serius untuk menjalin hubungan. Beda dengan karakter yang diperankan oleh Choi Minho saat mendekati cewe yang sama (sebelum didekati aktor utama), terlihat banget seriusnya, dan perasaan yang diperlihatkan juga jelas.

Hubungan romance di sini memang hanya ditampilkan sebagai bumbu saja, tapi sebagai aktor senior (lebih senior dari Choi Minho), saya rasa itu cukup mengecewakan.

(Oke, saya nonton ini karena ada Choi Minho, tapi taunya bukan tokoh utama dan saya ingetnya Cuma nama dia, hahaha)

4. Doctor Stranger

Ada salah satu komentar yang mengatakan bahwa “jangan mengharapkan cerita romance di sini dan bla bla…”.

Well, setelah saya menontonnya, komentar itu pantas disandangkan terhadap film nomor 3.

Di film ini cerita politik pemerintahan, romance, dan kedokteran benar-benar ngebland jadi satu.

Setiap episodenya banyak twist yang tak terduga sehingga tak sabar untuk menonton kelanjutannya. Endingnya benar-benar unpredictable, tidak seperti film nomor 1.

Acting Lee Jong-suk keren abis!! Dokter slengean punya skill yang top abis dan tidak mementingkan jabatan dan resiko! Yang ia pikirkan hanya keselamatan pasien! Actingnya yang berkenaan dengan politik, romance, dan kedokteran semua dapet feelnya.

Saat di episode belasan saya merasakan jalan cerita seperti agak dipaksakan supaya cepat selesai, tapi ternyata itu untuk langkah twist selanjutnya.

Mungkin ini satu-satunya film serial dengan banyak genre (dengan tema medik) yang bisa menjaga plot dari awal hingga selesai dengan cukup baik dan acting-acting yang dapet feelnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: