Depzkwan's Blog

My Life's Passion

Ulasan Novel Berbasis Hukum

on July 21, 2014


Kali ini daku akan membahas 2 novel yang berbasis hukum, yang persamaannya tentu saja berhubungan dengan hukum. Perbedaannya? Hmm, itu yang baru daku akan bahas.


The Pelican Brief
Novel ini adalah karya John Grisham yang dipublikasikan tahun 1992, kemudian dibuat filmnya setahun kemudian yang disutradarai oleh Alan J. Pakula dan diperankan oleh Julia Robert.


Dari sisi ceritanya sebenarnya bagus, tapi daku baru nyaman mengikuti jalan ceritanya saat petualangan Darby dimulai. Itu pun baru dari halaman ke berapa puluh atau seratus sekian (daku lupa). Siapakah Darby? Dia adalah seorang mahasiswi hukum.


Mengapa daku baru nyaman mengikuti jalan ceritanya setelah petualangan Darby dimulai? Karena sejak awal setiap bab menawarkan banyak tokoh dengan berbagai karakter sehingga belum juga daku menyerap setiap karakter, tapi tokoh sudah bertambah lagi. Hal ini memang membuat agak pusing pada awalnya, apalagi dengan deskripsi agak melambai di awal beberapa babnya yang membuat malas untuk melanjutkannya.


Hanya bab 2 yang termasuk awal-awal bab yang membuatku asyik untuk mengikutinya karena bersetting di tempat kuliah dan hanya ada beberapa tokoh yang ditonjolkan. Namun, bab-bab setelah itu menampilkan kembali tokoh dan (seperti) peristiwa yang baru.


Namun, dengan modal penasaran, aku pun berusaha untuk melanjutkannya. Dengan halaman yang hampir berjumlah 700, cukup memakan waktu untuk menyelesaikannya. Petualangan Darby yang dikejar-kejar sang antagonis dan dibantu oleh seorang jurnalis cukup untuk memaksimalkan waktu yang kurang untuk terus membacanya.


Tokoh antagonis dari awal sangat-sangat tak terduga, hingga daku susah meraba-raba karena memang tidak pernah disebut-sebut dari awal hingga brief yang dibuat Darby diceritakan dalam novel. Yah, ada permainan politik dan hukum di dalamnya.


Romance? Yah, cukup untuk sekedar bumbu pemanis di cerita ini.

 


You Belong To Me (Kau Milikku)


Novel ini adalah karya Mary Higgins Clark yang dipublikasikan tahun 1999 dengan berbagai variasi cover, yang kemudian juga dibuat filmnya tahun 2002.


Durasi membaca nasib novel ini hampir menyerupai The Pelican Brief, tapi bisa ditangani dipersingkat mungkin karena jumlah halaman yang lebih sedikit, kurang lebih 400an.


Sama seperti The Pelican Brief, banyak tokoh bergelimpangan di novel ini. Namun, bedanya, penulis memberi ruang pada pembaca supaya bisa mengenal masing-masing karakter di setiap babnya, sehingga daku tidak terlalu sulit untuk mengingat tokoh-tokoh yang di bab-bab sebelumnya pernah diceritakan.


Bumbu romansanya dengan brilian menyatu dengan plot cerita dalam menghantarkannya pada ending yang tak terduga.


Banyak twist yang tak terduga dalam merunut plot siapa pelaku antagonis sebenarnya.


Tokoh antagonis baru bisa diraba-raba saat di tengah-tengah cerita. Dari satu tersangka bisa berkembang menjadi tiga tersangka, menurun jadi dua tersangka. Hingga akhir yang tak disangka-sangka.

 


Namun, untuk imajinasi liar, The Pelican Brief bisa dikatakan lebih luas karena setting tempat dan waktu yang tak berjalan di tempat dan berpindah-pindah tak terduga. Sementara itu, You Belong To Me, sejak awal mengulang setting tempat dan waktu yang sama, tapi tentu saja ada pula setting yang berbeda.

 


So, keduanya bagus. Namun, untuk menilainya daku bingung lebih bagus yang mana. Tapi kalau ditanya lebih menikmati yang mana? Jawabannya adalah…
The Pelican Brief.

 


Daku meminjam buku ini karena dikira novel hukum ini mempunyai plot cerita yang hampir sama dengan cerita detektif kebanyakan, seperti Detektif Conan atau Sherlock Holmes. Namun, ternyata jauh berbeda. Untuk sisi pengetahuan, daku lebih banyak mendapatinya dari cerita-cerita detektif.

 


Untuk kedua novel ini daku bisa katakan bahwa novel The Pelican Brief lebih kental sisi hukumnya, sedangkan novel You Belong To Me lebih kental sisi detektifnya (meskipun tidak sepenuhnya).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: